Thursday 13 June 2013

Wisata Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon merupakan salah satu objek wisata di semenanjung segitiga, sebelah selatan Pulau Jawa namanya sudah sangat populer di kalangan wisatawan lokal mapun mancanegara. Kini, kawasan wisata ini hanya dihuni oleh sekitar 60 ekor badak. 

Di kawasan wisata ini, para pengunjung akan disuguhkan dengan keindahan dan keunikan alamnya. Beberapa tujuan wisata yang dapat Anda temukan di tempat ini adalah wisata air terjun, sumber air panas, tempat penginggalan Arca Ganesha, pantai pasir putih, taman laut dan juga Gunung Raksa Pulau Panaitan.

Selain hewan, Ujung Kulon juga memiliki keanekaragaman tumbuhan yang masih terlindungi dengan baik, yakni sekitar 700 jenis tumbuhan langka seperti palahlar, cerlang, merbau, ki hujan dan berbagai jenis tanaman anggrek.

Sementara itu, jenis satwa yang masih terjaga di kawasan wisata ini terdiri dari 5 jenis hewan primata, 22 amfibi, 72 insekta, 33 jenis terunbu karang, 59 reptilia, 240 jenis burung, serta 142 jenis ikan. Tidak hanya badak jawa, beberapa jenis satwa langka yang masih dilindungi di Ujung Kulon adalah kima raksasa, kucing batu, rusa, surili, banteng, owa, macan tutul, lutung dan juga ajag.

Sedangkan di daerah perairannya, para pengunjung dapat menemukan berbagai jenis biota laut seperti ikan badut, ikan kakatua, kerang besar, ikan bidadari, dan ikan gelodok. Di Taman Nasional Ujung Kulon, para pengunjung pun dapat berkunjung ke beberapa tempat wisata lainnya seperti Pulau Handeleum dan Pulau Peucang.

Di Pulau Handeuleum, para pengunjung bisa menelusuri sungai serta hutan mangrove yang sangat menyejukkan. Sementara di Pulau Peucang, Anda dapat melakukan berbagai kegiatan seru seperti diving, snorkeling, dan juga memancing.

Bagi Anda yang tertarik untuk berlibur ke tempat wisata ini, jika Anda bertolak dari Jakarta, maka perlu menempuh perjalanan menuju Serang menggunakan mobil dengan waktu tempuh selama 1,5 jam.

No comments:

Post a Comment